Diskusi Ekonomi dan Keuangan Daerah


OTONOMI DAERAH VS DESENTRALISASI FISKAL
Juni 23, 2008, 7:16 am
Filed under: OTONOMI & FISKAL DAERAH | Tag:

Tujuan berlakunya perundang-undangan Otonomi Daerah adalah mendorong terciptanya kemandirian daerah dalam hal menggali peneriman asli daerah sesuai dengan kapasitas daerah. Dengan Desentralisasi Fiskal, pemerintah pusat memberi bantuan dana kepada pemerintah daerah dengan alasan tugas perbantuan atau dana dekonsentrasi. Setelah 10 tahun berlakunya Otonomi Daerah, porsi dana bagi hasil ke daerah menjadi lebih besar. Seharusnya secara bertahap, daerah benar-benar bisa mandiri. Dengan adanya, kenaikan harga BBM, kesulitan pangan, dan masalah subprime, keuangan negara dalam keadaan defisit mengharuskan pemerintah pusat mengekang pengeluaran negara sehemat-hematnya.
Dalam keadaan keuangan negara yang krisis, biasanya daerah akan bangkit motivasi dan kreativitasnya untuk melakukan optimalisasi penerimaan asli daerah, dengan melakukan ekstensifikasi pajak daerah atau retribusi daerah. Daerah mana yang benar-benar bisa survive dengan bantuan pemerintah yang terbatas ?

About these ads

2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Iya ya, daerah mana yang bisa survive? Biasanya sih Jakarta dan sekitarnya doank…hehehe

Komentar oleh orangndut

Daerah mana yang benar-benar bisa survive dengan bantuan pemerintah yang terbatas ?
Wah pernyataan ini hanya tanpa didukung data bung,krn sebenarnya banyak daerah itu hidup diatas mimpi alias tidak real, karena tinggal merem tanpa usaha mereka pasti dapat dana perimbangan dari pemerintah pusat. Bocoran nih ya sampel aja 1 provinsi di wilayah indonesia timur yg APBDnya : PAD cuma 207 M untuk membiayai hanya belanja pegawainya saja yang 300-an M jelas nggak cukup, trus mereka mau membiayai pelayanan masyarakat dan pembangunannya dari mana, ya itu hanya mengandalkan dapat dana perimbangan sebesar 760-an M. Jadi yang benar2 gila sekarang ini ya DPR yang penuh orang-orang kalap dan oportunis itu yang seenak-enaknya mengesahkan usulan pemekaran daerah2 baru, btw pemerintah sudah menyatakan keberatan atas usulan pemekaran daerah 2 baru. Tapi sayang pemerintah sekarang sangat lemah terhadap DPR ya gara2 Amandemen UUD yang terlalu membabi buta akibat ulah LSM2 penjilat yang dapat makan dari tuan2nya di negara kapitalis/liberal. Memang rata2 watak bangsa kita masih minder, lebih hormat kepada bangsa asing apalagi yang ngasih gaji bulanan dan dana ke LSMnya, tidak percaya dengan kekayaan budaya dan pemikiran2 kita sendiri.

Komentar oleh wasathan




Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: